Tuesday, January 10, 2023

Cara Memperbaiki Hardisk yang Terkena Bad Sector Menggunakan Software SpinRite

Tutorial kali ini mengenai cara mengatasi laptop lemot Windows 10 tanpa install ulang. Saat ini sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Windows 10 yang merupakan rilisan dari Microsoft. Sistem operasi Windows 10 hadir dengan berbagai fitur baru yang membuat para penggunanya lebih nyaman untuk menggunakannya. Namun, dengan pembaruan yang terus menerus terkadang membuat pengguna mengeluhkan laptopnya menjadi lemot. Bisa saja kelemotan terjadi bukan karena sistem operasinya, mungkin saja karena ada virus ataupun masalah lainnya. Namun, tenang saja disini Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan solusi untuk Anda. Sebenarnya cara mengatasi laptop lemot windows 10 sangatlah mudah. Anda tidak perlu melakukan instal ulang ataupun mengunduh aplikasi pihak ketiga, Anda cukup melakukan 3 cara berikut ini. Langsung saja, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini. Cara pertama untuk mengatasi laptop lemot windows 10 adalah dengan meng-update driver. Salah sat u penyebab windows 10 lemot adalah driver sudah lama tidak terupdate. Untuk itu, lakukan beberapa langkah ini untuk meng-update driver Anda. 1. Langkah pertama, silakan Anda buka File Explorer di PC atau laptop Anda.

Laptop yang sudah tidak menunjukkan performa terbaiknya bisa dikarenakan oleh berbagai faktor seperti usia, atau cara penggunaan yang sudah melewati batas maksimum. Beberapa kendala umum yang terjadi adalah proses melakukan aktivitas atau ketika membuka aplikasi, akan melambat. Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara agar laptop tidak ngelag dan performanya dapat kembali lagi. Namun perlu diingat, cara-cara berikut ini tidak selalu 100 persen berhasil. Walau begitu, setidaknya dapat mengurangi kendala yang dihadapi terkait performa laptop yang menjadi lemot. Berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot yang mudah dan cepat. Jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita terlalu terlalu banyak menginstal aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk. Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi bisa dilakukan dengan uninstal beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan. Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai.

Itu salah satu pengalaman saya ketika hardisk kena bad sector, jika hardisk yang digunakan tidak ada data penting, atau punya backup pada hardisk yang lain tentu tidak menjadi masalah, saya sendiri heran kenapa bisa kena bad sector, padahal usia hardisk terbilang masih muda, baru 4 tahunan, dan pemakaiannya pun standar sehari paling 6-8 jam, kalau kena virus ada anti virusnya. 1. Faktor Usia, Read/Write atau Pemakaian. Untuk mengakses data pada hardisk yang kena bad sector, cabut hardisk kemudian pasangkan pada PC yang sudah ada sistem operasinya, pasang dengan posisi sebagai Secondary master, proses deteksi hardisk yang kena bad akan cukup lama, jika sudah masuk windows pindahkan datanya, sebenarnya bisa saja melalui windows dengan kabel eksteernal, namun disini yang dibutuhkan adalah deteksi awal hardisk lewat PC melalui DOS. Jika data sudah diamankan, langkah selanjutnya adalah memperbaiki hardik yang kena bad sector, anda bisa menggunakan software SpinRite 6.0 atau HDD Regenerator 1.71, kedua aplikasi tersebut menurut saya cukup bagus keduanya sudah saya coba dan hasilnya memuaskan.

Ada juga fitur menarik lainnya yaitu "DynaStat Data Recovery" yang dapat menampilkan dengan lebih dekat jalannya proses perbaikan yang sedang berlangsung. 10 tool buat test PC mu! Apakah komputer anda benar-benar sehat? Jangan terlalu yakin dulu..jangan-jangan tanpa anda sadari hardware komputer anda sudah mengeluarkan bunyi-bunyian yang tidak wajar, walaupun hanya terdengar lirih. Atau kah tanpa anda sadari kemampuan koneksi internet komputer anda sudah menurun dibanding saat pe rtama kali anda memakainya. Jangan anggap enteng, bisa-bisa lama kelamaan performa komputer anda semakin drop. Jalan terbaik untuk mencari tau apa yang terjadi pada kondisi komputer anda adalah terus proaktif untuk memantaunya secara berkala, salah satunya adalah dengan aplikasi-aplikasi yang dapat mendiagnosa kerusakan pada sistem. Dapat menjadi keuntungan tersendiri karena sebagian dari aplikasi dibawah ini dapat kita pakai dengan gratis, komputer kita juga bisa terhindar dari kerusakan di kemudian hari. Hard drive ibarat suatu kota yang sangat luas dimana anda harus tinggal didalamnya, mau tidak mau anda harus mengenal setiap bagian dari sudut kota agar apa yang anda perlukan di kota tersebut dapat terpenuhi.

Anda mungkin menginginkan lebih dari itu. Setelah mengecilkan partisi, Anda dapat melanjutkan proses. Unduh file ISO Windows 10 dan lainnya bakar ke DVD atau buat flash drive USB yang dapat di-boot . Microsoft Alat Unduh Windows USB / DVD masih berfungsi dengan baik, d an memungkinkan Anda untuk mem-image file ISO Windows 10 ke drive USB. Biarkan DVD atau USB drive di komputer Anda dan reboot. Ini harus secara otomatis boot ke penginstal Windows 10. Jika tidak, Anda mungkin perlu ubah urutan boot di BIOS Anda . Jika Anda memiliki komputer Windows 8 yang dilengkapi dengan firmware UEFI yang lebih baru, Anda harus melakukannya gunakan menu boot lanjutan Windows 8 untuk memilih drive USB Anda atau drive DVD saat Anda mem-boot komputer Anda. Lakukan proses instalasi Windows 10 secara normal. Pilih bahasa dan tata letak keyboard Anda, lalu klik "Instal sekarang". Setelah menyetujui perjanjian lisensi, klik opsi penginstalan "Khusus: Instal Windows saja (lanjutan)".

No comments:

Post a Comment