Tuesday, January 10, 2023

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Mudah

Maka dari itu, untuk mengatasi kondisi laptop yang menjadi lemot karena beban kinerja yang berat salah satunya adalah dengan mematikan fitur Startup pada aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakang layar laptop Anda. Salah satu indikasi bahwa terdapat banyak aplikasi Startup yang berjalan di belakang layar adalah prose booting yang terbilang cukup lama. Hal ini disebabkan karena banyaknya program atau aplikasi yang secara langsung akan berjalan otomatis ketika laptop Anda dihidupkan. Untuk menonaktifkan Startup aplikasi yang berjalan dibelakang layar, Anda bisa melakukannya dengan cara membuka bagian menu Task Manager dan kemudian pilih menu tab Startup. Setelah terbuka maka Anda akan bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan ketika laptop dinyalakan. Kemudian Anda bisa mematikan aplikasi apa saja yang tidak digunakan untuk meningkatkan kinerja laptop Anda. Melakukan pembersihan chache pada laptop windows adalah satu cara yang sering saya lakukan jika laptop windows sudah terasa lemot kinerjanya . Anda bisa mendownload di situs resmi ccleaner di internet melalui browser yang anda miliki . Demikianlah beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 10 secara mudah yang perlu Anda ketahui. Kini dengan beberapa langkah mudah di atas, Anda tidak perlu bingung lagi ketika laptop yang Anda miliki memiliki kinerja yang lemot dan juga lambat karena beberapa cara di atas bisa Anda gunakan untuk mencoba mengatasi laptop yang berkinerja lambat.

Software lainnya yang bisa kita gunakan adalah MiniTool Data Recovery Wizard. Jika tidak ada komputer atau laptop lain, bisa kita coba menyelamatkan data melalui media seperti Bootable CD/USB (Live CD) yang berisi utility atau program yang bisa digunakan untuk memeriksa dan menyelamatkan (recovery) data. Saat ini banyak yang bisa kita gunakan, misalnya Ultimate Boot CD, UBCD4Win, System RescueCD, Wondershare Live CD, Mini PE, CD Linux Ubuntu dan sejenisnya. Jika hardisk tidak terdeteksi lagi ketika dipasang di komputer lain , maka proses recovery bukan pekerjaan yang mudah. Karena kemungkinan harus membuka hardisk dan ini memerlukan keahlian dan peralatan khusus. Saya sendiri belum pernah recovery sampai seperti ini. Ketika data-data penting di hardisk sudah berhasil diselamatkan, langkah selanjutnya adalah mengatasi atau memperbaiki hardisk yang terdapat bad sector. Menggunakan tools Scan Disk bawaan windows. Properties dan dari tab Tools, bagian Error-checking klik Check Now.. Selain melalui Windows Explorer kita juga bisa langsung melalui command prompt (DOS) memalui perintah ChkDsk /R X: (X silahkan diganti dengan drive yang ingin di perbaiki/cek jika ada bad sector-nya).

5. Jika sudah, jalankan perintah DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth » tekan Enter. 6. Tunggu kembali prosesnya. 7. Setelah itu, restart perangkat untuk melihat hasilnya. Catatan : Lamanya proses tersebut tergantung dari spesifikasi perangkat komputer / laptop Anda. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan perintah ter sebut pada Command Prompt Windows. Hard disk merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer / laptop. Ketika hard disk mengalami error, maka tidak heran jika menimbulkan beberapa kendala setelahnya. Maka dari itu, memeriksa kesehatan hard disk secara berkala dapat membuat kinerja sistem menjadi lebih cepat dalam memproses data atau informasi. Adapun dua cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan pada hard disk, yaitu melakukan defragment hard disk dan menjalankan CHKDSK. 1. Pertama, klik Start menu » Windows Administrative Tools » Defragment And Optimize Drives. 2. Pilih Local Disk (Drive) yang ingin Anda Optimize. 3. Klik Optimize untuk mulai melakukan optimasi dan tunggu sampai proses selesai dilakukan.

Fitur windows 10 sebenarya masih banyak lagi yang tidak bisa admin sebutkan satu persatu hanya saja sedikit pengetahuan saja tentang sistem operasi yang mempunyai banyak fitur ini, seperti kita tau ada kelebihan pastinya ada kekurangan karena mempunya banyaknya fitur windows 10 mempunyai kekurangan salah satunya terkadang windows 10 hang dan juga laptop yang memakai windows 10 mengalami lemot hal itu di karenakan windows 10 mempunyai banyaknya aplikasi dan fitur ui dan tampilan yang sangat menarik yang pasti banyak memakan ram dan kinkerja laptop atau komputer kita lebih extra aplagi laptop atau komputer dengan spesifikasi yang rendah pastinya mengalami lemot. Hal sepele ini bisa membuat windows 10 jadi lemot ketika anda membuka banyak program sekaligus atau bisa di sebut multitasking otomatis ram anda termakan oleh program yang anda pakai, jadi jika laptop atau komputer anda dengan spesifikasi minim hindari membuka terlalu banyak aplikasi, jika aplikasi yang sudah tidak terpakai sebaiknya anda bisa close untuk mengatasi Windows 10 Lemot.

Jika ada soft bad sector, pemeriksaan disk akan memperbaikinya sehingga dapat digunakan kembali. Cara memperbaiki Bad Sector pada Hard Drive selanjutnya adalah dengan tools bawaan Windows. Anda dapat menjalankan CMD dengan hak administratif. Metode ini adalah hard drive portolong pertama dengan sektor yang buruk secara logis. Pelajari cara memperbaiki bad sector pada hard drive dengan CMD. Buka CMD atau command prompt, gunakan perintah Run as admin. Kemudian ketik CHDSK /R /F D:. Lalu tekan enter dan akan muncul prosesnya. Durasi proses ini tergantung pada jumlah hard disk. SpinRite, disebutkan juga perangkat lunak perbaikan hardisk dari Gibson Research. SpinRite mendukung drive FAT, NTFS, Linux dan Novell dengan beberapa sistem operasi. Pelajari cara memperbaiki bad sector pada hard drive dengan SpinRite. Unduh SpinRite terlebih dahulu. Buka perangkat lunak SpinRite. Setelah selesai, ada beberapa pilihan media yang tersedia untuk digunakan sebagai bootable SpinRite, yaitu floppy disk, bootable CD, atau memory stick. Gunakan flashdik untuk kenyamanan. Anda menggunakan CD yang dapat di-boot, tombol Create ISO atau IMG file dipilih, dan jika Anda menggunakan flash driv e, tombol Mount SpinRite to Drive dipilih.

No comments:

Post a Comment